Sabtu, 22 Oktober 2011

Tanaman Langka

Umum

Tumbuhan Langka di Indonesia

Indonesia sebenarnya sangat kaya akan tumbuhan langka karena posisi Indonesia yang tepat di garis khatulistiwa sehingga menyebabkan Indonesia mempunyai iklim yang tropis yang sangat ideal untuk tempat tumbuhnya bermacam macam tanaman. Namun sayangnya, tumbuhan langka yang harusnya dilindungi ini tidak dirawat dengan baik sehingga mengakibatkan populasinya semakin menurun dari hari ke hari.


Berikut ini adalah daftar 5  tanaman langka yang tumbuh di Indonesia :
1. Bantal sulam (palaquium walsurifolium)
 

Diameter pohon sekitar 45cm dan dapat tumbuh hingga tingginya mencapai 45m. Biasanya tumbuh di rawa gambut atau kawasan dengan ketinggian sekitar 1000m diatas permukaan laut. Penyebarannya di semenanjung Malaysia, Sumatera, dan Kalimantan Timur. Di Kalimantan dikenal dengan nama Beitis, Margetahan, Nyato, Nyatoh, Nyatoh Jangkar.
 
2. bayur (pterosperium Javanicum Jungh)
 

Ketinggian pohon bisa mencapai 59m dan diameter batang bisa sampai 54cm, Bisa tumbuh di ketinggian 600m di daerah pegunungan namun juga kadang bisa ditemukan di daerah batu gamping. Pohon ini biasa digunakan dalam konstruksi rumah maupun untuk furniture. Distribusi penyebarannya di India, Serawak, Sabah, Tengah, dan Kalimantan Timur. Di Kalimantan Timur terkenal dengan nama Bayur.
 
3. bulian (eusderoxylon zwageri)
 

Tinggi pohon sekitar 36m dengan diameter batang 95cm. Bisa tumbuh di lahan dengan ketinggian 600m yang biasanya terdapat di lereng bukit dengan jenis tanah yang berpasir. Jenis kayu ini sangat kuat, tahan lama, dan bisa digunakan untuk konstruksi berat. Pendistribusian di Malaysia, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Filipina, dan Maluku. Terkenal dengan nama Belian, Belian Timun, Betian, Talion Bening, Tebelian Geriting, Telianoii, Teluyan, Ulin, Ulin Bening, Ulion.
 
4. Jelutung (dyera sp)
 

ketinggian pohon bisa mencapai 75m dengan diameter batang 159cm. Biasa tumbuh di hutan dengan tanah berpasir dan perbukitan dengan ketinggian 400m. Getahnya bisa digunakan untuk membuat permen karet dan kayunya bisa digunakan untuk membuat perabotan. Distribusi di Thailand, semenanjung Malaysia, Sumatera, dan Kalimantan. Di Indonesia terkenal dengan nama Jelutong atau Pantung


5. Akar Karak (ficus uniglandulosa wall)
 

Tinggi pohon hanya sekitar 14m dengan diameter batang sekitar 15cm. Batangnya berwarna putih dan bergetah. Biasa tumbuh di ketinngian 1700m. seringnya di sepanjang aliran sungai dan lereng bukit. Terkadang juga bisa ditemukan di batu kapur, tanah berpasir, dan tanah liat. Distribusi tumbuhnya di burma, thailand, semenanjung Malaysia, Sumatera, Kalimantan, dan Filipina. Terkenal dengan nama Akar Karak, Kara, atau Wa Punot.

Video tanaman langka

Ini adalah salah satu contoh tumbuhan langka di Indonesia. Silahkan disimak.
(indahf/Carapedia)


Pencarian Terbaru (100)
Tumbuhan langka di indonesia dan keterangannya. Tumbuhan langka. Tumbuhan langka di indonesia. Tumbuhan langka di dunia dan keterangannya. Hewan dan tumbuhan langka di indonesia dan keterangannya. Tumbuhan langka di indonesia dan penjelasannya. Tumbuhan langka dan keterangannya.
Tumbuhan langka dan penjelasannya. Tumbuhan langka yang dilindungi di indonesia dan penjelasannya. Tanaman langka di indonesia dan keterangannya. Macam macam tumbuhan langka di indonesia. Gambar tumbuhan langka. Macam macam tumbuhan langka. Tumbuhan langka di indonesia dan gambarnya.
Tanaman langka dan penjelasannya. 10 tumbuhan langka. Daftar tumbuhan langka di indonesia dan keterangannya. 5 tumbuhan langka di indonesia. 10 tumbuhan langka di indonesia. Flora langka di indonesia. Tumbuhan langka yang ada di indonesia.
Hewan dan tumbuhan langka. Tumbuhan langka di dunia. Tanaman langka di indonesia. Tumbuhan langkah. Tumbuhan terlangka di indonesia. Jenis tumbuhan langka. Tumbuhan langkah di indonesia.
Tanaman langka. Gambar tumbuhan langka di indonesia. Daftar tumbuhan langka di indonesia. Tumbuhan dan hewan langka beserta keterangannya. Flora langka. 5 tumbuhan langka. Contoh tumbuhan langka di indonesia.
Contoh tumbuhan langka. Hewan dan tumbuhan langka dan keterangannya. Hewan dan tumbuhan langka di indonesia. Nama tumbuhan langka. Tanaman langka indonesia. Pohon langka di indonesia. Tumbuhan tumbuhan langka.
Hewan langka di dunia dan penjelasannya. Hewan dan tumbuhan langka yang dilindungi di indonesia. Tumbuhan langka dan keterangannya di indonesia. Macam tumbuhan langka. Tumbuh tumbuhan langka. Hewan langka dan tumbuhan langka di indonesia. Tumbuhan tumbuhan langka di indonesia.
Tumbuhan langka indonesia. Tumbuhan langkah dan penjelasannya. Tumbuhan bantal sulam. Jenis jenis tumbuhan langka di indonesia. Nama nama tumbuhan langka di indonesia. Tumbuhan langkah di dunia. Gambar hewan dan tumbuhan langka di indonesia.
Jenis tumbuhan langka di dunia. Gambar tumbuhan langka yang dilindungi di indonesia. Tumbuhan langka diindonesia. Jenis tumbuhan langka di indonesia. Gambar tanaman langka. Daftar tumbuhan langka. Jenis tanaman langka di indonesia.
Tumbuhan yang langkah. Tumbuhan langka di kalimantan. Macam macam flora langka. Bunga langka di indonesia. Gambar tumbuhan langka dan keterangannya. Nama nama tumbuhan langka. 10 tumbuhan langka di dunia.
Kliping hewan dan tumbuhan langka di indonesia. Flora terlangka di indonesia. Tumbuhan langka beserta keterangannya. Tumbuhan langka dan daerah. Bantal sulam. Gambar dan keterangan tumbuhan langka. Ciri ciri hewan langka.
Tumbuhan langka didunia. Tumbuhan jelutung. Tumbuhan langka dan keterangan. Foto tumbuhan langka di indonesia. Hewan dan tumbuhan langka yang ada di indonesia. Gambar tumbuhan langka kalimantan. Hewan langka dan keterangannya di indonesia.
Flora langka gambar dan penjelasan. 10 gambar tumbuhan tumbuhan langkah. 10 hewan dan tumbuhan langka di indonesia. Flora langka indonesia. Nama tumbuhan langka di indonesia. Tumbuhan terlangka. Macam macam bunga langka.
Gambar tanaman langka di indonesia. Pengertian tumbuhan langka. Gambar tumbuhan langka di indonesia dan keterangannya. Tumbuhan bayur. Gambar dan penjelasan tumbuhan langka. Pengertian tumbuhan jelutung. Flora di kalimantan timur dan gambar.
Hewan dan tumbuhan langka dan penjelasannya. Tumbuhan langka di sumatera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar